Belajar Greenfoot Part #4 Cara Membuat Object Coin


Halo Sahabat FK! ~ Sebelumnya saya sudah memberikan tutorial Membuat object bergerak mengikuti mouse dan menggunakan perintah keyboard. Untuk tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial yang baru yaitu membuat player mengambil coin. Ini hanya cara membuat object coin belum memiliki fungsi score. Untuk membuat Player mengambil coin itu cukup mudah sobat. Tidak terlalu banyak script. Saya akan melanjutkan project game yang sebelumnya, menggerakan player menggunakan perintah keyboard.
Baiklah langsung saja sobat FK, sekarang kita buka aplikasi Greenfootnya.
(Bagi sobat yang baru mengenal Greenfoot, silahkan sobat buka tutorial awal)


Sudah sobat buka Greenfootnya? oke, sekarang sobat tambahkan object baru, dengan cara klik kanan pada actor dan klik 'New subclass'


Setelah itu akan muncul New subsclass, sobat isi nama classnya 'Coin' dan pilih gambar object symbols > button-yellow.png atau sobat bisa pilih gambar object lainnya yang sobat inginkan
setelah sudah sobat pilih, selanjutnya klik 'Ok'


Jika sobat sudah membuat object coinnnya, selanjutnya sobat masukan object coinnya ke world/workspace sudah tahu bukan caranya? klik kanan pada class coin, kemudian klik 'new coin()'
setelah object coin sudah dimasukan ke world, eitss tunggu dulu sobat, object coin belum ada fungsinya. Sekarang kita tambahkan dulu kodingan scriptnya. Klik Open Editor pada class Player (Karna player yang mengambil object coin, jadi kita tambahkan scriptnya di class player)

{} GREEN FOOT 
public void act() 

    { 
       if(isTouching(coin.class)) {
          removeTouching(coin.class);


    }

Script dimasukan didalam public void act() {} coba sobat ikuti script diatas. Tidak terlalu sulit bukan? jika sebelumnya sobat berinama object coinnya dengan nama coin, maka (coin.class) tapi jika sobat berinama objectnya uang atau yang lain, ganti (coin.class) dengan nama object yang sobat rubah contoh (uang.class) atau sobat berinama gold maka (gold.class) jika sobat memasukan nama class yang salah didalam (isTouching( .class)) {} maka hasilnya akan eror saat dicompile.
didalam if(isTouching(coin.class)) { } ada script removeTouching(coin.class); yang berfungsi saat player menyentuhnya maka object coin akan hilang.


Kalau sobat sudah memasukan scriptnya didalam public void act() {} seperti gambar diatas. Maka langkah selanjutnya sobat tinggal compile, jika terjadi eror coba perhatikan lagi ya :D
Oh iya, sesudah sobat memasukan object ke world, agar tidak hilang atau ke riset. Sobat klik 'Control' yang ada pada atas workspace, dan klik 'Save the World' agar object yang kita masukin ke world tidak hilang.


Setelah dicompile, selanjutnya kita coba dan taraa! berhasil, Coin diambil oleh player :D
sobat bisa tambahkan object coin sebanyak yang sobat inginkan :D
mudah bukan ?

Tutorial sampai sini dulu sobat FK, tunggu tutorial berikutnya, dan jangan lupa share keteman - teman sobat yah ~ Thank u ^_

Belajar Greenfoot Part #5 Membuat Object Musuh

Previous
Next Post »