Belajar Greenfoot Part #1 Membuat Games


Halo sahabat FK! ~ Disini saya akan kembali membuat tutorial tentang hal yang baru, yaitu membuat game dengan menggunakan greenfoot. Hal pertama yang harus kalian kuasai untuk membuat game berbasis 2D dengan menggunakan Greenfoot adalah Javascript, Seperti yang saya katakan sebelumnya, dengan menguasai Javascript kalian bisa dengan cepat menguasai software Greenfoot ini. Tapi tenang saja sobat, sobat tidak perlu takut atau ragu belajar bahasa programan Javascript. Saya akan terus memberi tutorial yang mudah dipahami oleh sobat, dan tutorial yang saya berikan akan memulai dari tahap mudah hingga sulit. Baiklah sobat, langsung saja masuk ketopik lagi :D

Greenfoot merupakan sebuah IDE berbasis Java yang dikhususkan untuk pembuatan game sederhana.
Greenfoot adalah software Opensource atau Gratis :D . Jadi sobat tidak perlu mencari crack atau serial number untuk software ini :D. Untuk mendownload software Greenfoot sobat bisa mengunjungi situs officialnya di http://www.greenfoot.org/ .
Jika sobat sudah mendownloadnya, selanjutnya saya akan langsung memperkenalkan software Greenfoot ini dan fungsi - fungsi lainya.

Gambar diatas adalah tampilan pertama Greenfoot saat dibuka. Coba sobat buka software Greenfootnya sama bukan? :D


Didalam Greenfoot terdapat bagian Workspace , Class Bar, dan Action Button.

Work Space adalah  bagian badan laman Greenfoot yang akan menampilkan hasil kerja dari Actor dan World. Hasil dari  Actor hanya dapat tampil pada bagian Work Space jika tidak ada error syntax pada codingan Javascript yang digunakan untuk memberi suatu perintah kepada Actor.

Class Bar adalah bagian laman Greenfoot yang berfungsi sebagai navigasi untuk memudahkan untuk membuat subclass atau membuat editor untuk memberi perintah Actor atau World.

Action Button adalah sebuah menu yang berfungsi untuk menjalankan hasil kerja dari game yang kita buat. Pada bagian ini, terdapat 3 menu yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu :

Act : Berfungsi untuk menjalankan skenario secara manual
Run : Untuk menjalankan game yang telah kita buat
Reset : Untuk menghentikan permainan atau untuk kembali ke awal sebelum game dijalankan


Jika sobat ingin membuat file scenario game baru, sobat klik scenario yang berada diatas pojok kiri pada menu Greenfoot, setelah itu akan muncul option New Stride Scenario dan New Java Scenario. Sobat pilih yang New Java Scenario.




Setelah itu sobat  harus memilih direktori yang sobat inginkan  untuk menyimpan projek game sobat, lalu sobat masukkan nama untuk projek game yang akan sobat buat. Setelah selesai memilih tempat penyimpanan dan nama projeknya, pilih create untuk membuat.





   Jika sobat sudah buat filenya, maka langkah selanjutnya yang harus sobat buat adalah menentukan background untuk projek game yang akan sobat buat, perhatikan gambar dibawah ini untuk melihat cara memilih background gambarnya


Klik kanan pada tempat yang ditunjukkan tanda panah merah, lalu klik kanan dan pilih set image untuk memilih background yang akan sobat buat.


Pilih pada kotak berwarna merah untuk memilih background bawaan dari Greenfoot, atau pada kotak biru untuk memilih background gambar dari direktori yang ada di lepi atau pc sobat.



Jika sobat telah memilih background yang akan sobat gunakan, maka langkah selanjutnya adalah memilih actor untuk memasukkan tokoh atau objek pada game yang akan sobat buat.
Click kanan pada "Actor" kemudian akan muncul Option "Open Documentation" dan "New Subclass" sobat pilih "New Subclass". 


Selanjutnya, sobat isi kolom new class name dengan nama player atau nama sobat sendiri (Pastikan nama tersebut tidak menggunakan symbol atau nama - nama alay ya :D ). Setelah sobat beri nama, selanjutnya sobat pilih object yang diinginkan untuk si player, contoh animals > aligator.png
dan kalau sudah klik "OK".



dan jika sudah, class player akan muncul di bawah actor. Selanjutnya sobat mengeluarkan object playernya, caranya dengan mengklik kanan mouse pada player, kemudian akan muncul "new player()" dan setelah sobat klik, coba sobat arahkan mouse ke arah Workspace dan tekan mouse kiri, sobat bisa meletekannya dimana saja sesuka hati sobat :D .


dan taraa!! class playernya muncul di Workspace Greenfoot :D . Itu baru memunculkan object playernya, untuk memberi perintah kepada object player, Sobat perlu memasukan kodingan javascriptnya :D. Caranya klik kanan pada player kemudian pilih option "Open Editor" setelah itu sobat bisa memasukan kodingan javascriptnya :D. 

Oke sobat, sudah mengerti bukan cara untuk membuat games dengan Greenfoot? :D Untuk tutorial berikutnya saya akan memberikan kodingan javascript dasar untuk memberi perintah pada object player :D Tunggu tutorial berikutnya sobat FK~

Belajar Greenfoot Part #2 Membuat Object Bergerak Mengikuti Mouse


Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
November 29, 2016 at 12:27 AM delete

mantap nih tutorialnya, bantu up aja siapa tau ada yg lebih butuh nih tutorial :D

Reply
avatar
lutvi
AUTHOR
November 29, 2016 at 3:41 PM delete

Belajar Greenfoot Membuat Games ok langsung otw

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 30, 2016 at 12:25 AM delete

wih bisa dengan aplikasi ya, saya juga lagi butuh buat developer sebuah game :)

terima kasih, sangat bermanfaat agan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 4, 2016 at 6:12 PM delete

Bisa buat game untuk android nih

Reply
avatar
Harzah
AUTHOR
December 6, 2016 at 10:54 PM delete

wah ternyata membuat game tidak terlalu sulit :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 16, 2017 at 4:56 AM delete

mau tanya bedanya new stride scenario dengan new java scenario apa yaa?

Reply
avatar